Eucharius Binder, Jerman, 1527, Dikurung dalam rumah dan dibakar bersama 37 martir lainnya

Eucharius Binder (juga disebut Carius atau Eukarius Kellermann, seperti Wappler, Thüringen), seorang martir Anabaptis, adalah salah satu penginjil pertama Anabaptis Jerman Selatan. Dia datang dari Coburg, di mana ia terlibat dalam pembuat kabinet, bergabung dengan kaum Anabaptis di Thuringia, dan dibaptis oleh Hans Hut di 1526 di sebuah desa dekat Coburg, seperti juga istrinya, Ursula Nospitzer (Meyer, 248). Ia menemani Hans Hut di perjalanan dan tampaknya telah membawa masuk Hut ke dalam Königsberg di Franconia (Berbig, Königsberg, 315). Dalam catatan yang diterbitkan oleh Berbig nama lengkapnya tidak diberikan; tetapi tidak ada keraguan bahwa ia identik dengan Eucharius Tischler dari Coburg, yang, seperti Wolf Schreiner Königsberg mengatakan, menyatakan di bawah penyiksaan, Eucharius kakak iparnya dengan tiga orang lainnya, termasuk Johannes von Bibra (Hans Hut), telah datang kepadanya; setelah khotbahnya ia telah dibaptis dan segera sesudahnya semua yang lain hadir dari Königsberg dan sekitarnya mengikuti teladannya (Berbig, 315). Wappler dilaporkan pernyataan serupa oleh Anabaptis lain, misalnya, Thoman Spiegel, Hans Weichsenfelder (234, 243-45, 279, 281).

Dari Königsberg Binder pergi ke Nürnberg dan Augsburg. Di Augsburg dia hadir di baptisan Eitelhans Langenmantel pada bulan Februari 1527. Dia tampaknya telah berpengaruh di Upper Austria nanti. Di Styria ia dibantu Hans Hut di mengirimkan empat utusan: Hieronymus von Mannsee, Leopold Schiemer, Jakob Portner, dan Joachim dari Nürnberg (Nicoladoni, Bünderlin, 27). Menurut pernyataan Hans Weichsenfelder (Wappler, 231) dia juga di Moravia.

Pada musim panas 1527 kita menemukan Binder di Augsburg lagi, berpartisipasi dalam Martyrs ‘Sinode (20 Agustus 1527) dan atas saran Hut (Meyer, 248) dikirim ke wilayah Salzburg sebagai penginjil. Di sini ia jatuh ke tangan catchpolls. Setelah penjara singkat dan beberapa sidang, di mana ia berani membela imannya, vonis kejam dituduhkan pada dirinya dan sesama tawanan. Dengan 37 sesama orang percaya, di antaranya para pengkhotbah Hieronymus von Mannsee, Joachim März, dan Wolfgang Wimmer, ia terkunci dalam sebuah rumah, 27 Oktober 1527, yang kemudian dibakar; semua tewas dalam api (Beck, Geschichts-Bücher, 57). Dr. Johann Eck, musuh terkenal Reformasi, melaporkan eksekusi pada 26 November 1527 untuk Duke Georg dari Saxony (Seidenmenn, 152, Lampiran 43b). Binder telah meninggalkan istrinya di Augsburg; dia tinggal di sana dengan kakak iparnya, Thoman Baur, buruh harian, tetapi menghabiskan beberapa waktu di Laugingen (Roth, 16, 18, dan 47). Pada tanggal 12 April 1528, ia menghadiri layanan Paskah, di mana semua yang hadir ditangkap (lihat Augsburg).

Sebuah nyanyian hymne dari Binder masih ada, “Wir Danken Gott von Herzen,” yang menunjukkan bahwa sakit dan penderitaan membuka pintu surga. Hymne ini terdiri dari 11 bait, dan pada awalnya didistribusikan sebagai selebaran (K. Goedecke, 241). Dalam dua buku nyanyian Hutterian Binder disebut sebagai penulis (Beck, 57). Dalam Ausbund itu No 35, itu keliru dikaitkan dengan Jörg Steinmetz, yang dipenggal kepalanya di Pforzheim di 1530. Wackernagel dicetak ulang dalam Kirchenlied (III, 540). Eksekusi massal di Salzburg disebutkan dalam lagu, “Ach Gott im Himmelreich” (Ausbund, No. 27), yang juga termasuk Wackernagel (V, 788).

Hege, Christian. (1953). Binder, Eucharius (d. 1527). Global Anabaptist Mennonite Encyclopedia Online. Retrieved 12 October 2015, from http://gameo.org/index.php?title=Binder,_Eucharius_(d._1527)&oldid=128488.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s